Minggu, 22 Mei 2011

Profile Dennis Bergkamp

Dennis Bergkamp
Dennis Bergkamp cropped.JPG
Informasi Pribadi
Nama lengkap Dennis Bergkamp Nicolaas [1]
Tanggal lahir 10 Mei 1969 (umur 42)
Tempat lahir Amsterdam , Belanda
Tinggi 1,84 m (6 ft 0 in)
Posisi bermain Kedua striker
Pemuda karir
1981-1986 Ajax
Senior karir *
Tahun Tim Apps (GLS)
1986-1993 Ajax 185 (103)
1993-1995 Internazionale 52 (11)
1995-2006 Gudang senjata 316 (87)
Total
553 (201)
Tim nasional
1990-2000 Belanda 79 (37)
Tim berhasil
2011 - Ajax (asisten)
* Penampilan klub senior dan tujuan dihitung untuk liga domestik saja.
† Penampilan (Gol).
Dennis Nicolaas Bergkamp (Belanda pengucapan: [dɛnɪs bɛrχkɑmp] ; lahir 10 Mei 1969) adalah mantan Belanda profesional pesepakbola yang saat ini asisten manajer untuk Frank de Boer di Ajax . Di tingkat klub ia bermain untuk Ajax, Internazionale , dan Arsenal , dan juga mewakili Belanda di tingkat internasional. Bergkamp memainkan sebagian besar game terbaiknya sebagai striker pendukung di Arsenal, di mana kesadaran taktis dan cekatan melewati membuatnya menjadi eksponen besar permainan dari 'lubang' . Ia dipilih oleh Pele sebagai salah satu dari 100 FIFA pemain hidup terbesar dan secara luas dianggap sebagai salah satu Liga Premier pemain terbesar. Pada tahun 2007 ia dilantik ke dalam Aula FIFA of Fame , pemain ini hanya Belanda pertama dan dengan demikian pernah menerima penghargaan. Dia juga selesai ketiga dalam Pemain Dunia FIFA Tahun penghargaan dua kali menyelesaikan belakang Zidane & Ronaldo setiap waktu. Ia belajar dan menerima gelar kelas pertama di Mechanical engineering dari University of Bath , memilih untuk belajar di sana selama musim panas waktunya dihabiskan di Arsenal. [2]

 Klub karir

AFC Ajax

Lahir di Amsterdam , Bergkamp dibesarkan melalui Ajax sistem muda yang terkenal, bergabung dengan klub pada usia 12. Ia diberi debut profesional oleh pelatih Johan Cruyff pada 14 Desember 1986 melawan Roda JC , dan melanjutkan untuk membuat 14 penampilan musim itu. Ia bermain sebagai pengganti di 1987 Piala Eropa Piala Winners final melawan Lokomotive Leipzig , yang Ajax menang. Dennis Bergkamp memiliki julukan terkenal dengan rekan tim mereka memanggilnya Dennis "orang van" Bergkamp.
Pada musim berikutnya, Bergkamp menjadi biasa untuk Ajax, memenangkan liga Belanda pada tahun 1990, Piala UEFA pada tahun 1992 dan Piala KNVB pada tahun 1993. Dari 1991-1993 Bergkamp adalah pencetak gol terbanyak di Eredivisie , dan ia terpilih Pemain Belanda Year pada tahun 1992 dan 1993. Dalam semua, Bergkamp mencetak 122 gol dalam 239 pertandingan untuk klub kota kelahirannya.

  Internazionale

Pada musim panas 1993, Bergkamp telah ditandatangani oleh Internazionale untuk £ 12.000.000 bersama rekan setimnya Ajax nya Wim Jonk . Hal ini membuatnya menjadi pemain termahal kedua di dunia pada saat itu, kedua hanya untuk Gianluigi Lentini . [3]
Namun, waktunya di Italia kurang berhasil. Meskipun ia memenangkan Piala UEFA kedua pada tahun 1994, ia sulit untuk beradaptasi dengan gaya Italia bermain, hanya mencetak 11 kali dalam 50 penampilan. Bentuk miskin Bergkamp itu tidak membantu oleh hubungan dingin dengan pers Italia, dan bahkan beberapa rekan-rekan setimnya. Dia begitu populer di klub, bahwa olahraga media Italia, nama mereka "keledai dari minggu" penghargaan (diserahkan kepada pemain terburuk yang minggu) untuk "Bergkamp of the Week" penghargaan. [ kutipan diperlukan ]

  Arsenal

Bergkamp di Arsenal
Setelah dua musim tidak bahagia di Inter, Bergkamp telah ditandatangani oleh Arsenal bos Bruce Rioch pada bulan Juni 1995 seharga £ 7,5 juta. Bergkamp melakukan debut melawan Middlesbrough pada 19 Agustus 1995 tetapi harus beradaptasi dengan gaya Inggris bermain. Butuh waktu tujuh pertandingan sebelum akhirnya berhasil mencetak gol pertamanya, melawan Southampton . Perlahan tapi pasti, perawakannya Bergkamp tumbuh, bermain sebagai forward di belakang striker utama, Ian Wright . Mereka segera membentuk kemitraan yang kuat yang merupakan salah satu yang terbaik di Liga Premier . Bergkamp telah dianggap oleh pakar sepak bola banyak seperti Alan Hansen sebagai pemain asing terbesar untuk rahmat permainan Inggris.
Kedatangan Bergkamp di Arsenal signifikan, tidak hanya karena ia salah satu pemain kelas dunia asing yang pertama untuk bergabung dengan klub Inggris sejak pencabutan Heysel larangan pada tahun 1990, tetapi juga karena ia merupakan penyumbang utama untuk mengembalikan klub untuk sukses setelah periode singkat biasa-biasa saja pada pertengahan 1990-an.
Bergkamp memukul bentuk terbaiknya untuk Arsenal setelah kedatangan Arsene Wenger pada bulan September 1996. Arsenal memenangkan FA Premier League dan Piala FA dua kali lipat dalam 1997-98 musim (meskipun Bergkamp merindukan cangkir terakhir dengan cedera), dan Bergkamp terpilih PFA Player of the Year . Pada bulan September 1997, ia menjadi yang pertama dan sejauh ini satu-satunya pemain telah datang pertama, kedua dan ketiga dalam Pertandingan Hari 's Tujuan Bulan persaingan, untuk 2 gol dari nya hattrick melawan Leicester City dan gol melawan Southampton (Tidak luas dikreditkan untuk semua 3 tujuan hattrick melawan Leicester City [4] ). Dia mencetak 16 kali musim itu, serta terlibat dalam mendirikan lebih banyak. Pada akhir musim yang sama, ia membantu Belanda untuk menyelesaikan keempat tempat di Piala Dunia 1998 . Dalam kompetisi itu, ia mencetak salah satu tujuan terbesar dari semua waktu dalam kemenangan perempat final melawan Argentina, setelah menerima umpan halaman 60 dari Frank de Boer . Selama kampanye 2001/02, sekali lagi Bergkamp mencetak gol benar-benar berkesan yang akan pergi untuk memenangkan Liga Premier Tujuan Musim. Pada tanggal 3 Maret 2002, Arsenal mengambil Newcastle di pertemuan liga. Dengan hanya 10 menit pada jam, Robert Pires dikirim dalam low pass dari sayap kiri untuk Bergkamp berdiri di tepi area lawan dengan punggung ke tujuan. Dengan jentikan cerdik bola dengan bagian dalam kaki kirinya, ia tercengang bek Nikos Dabizas yang menandai erat-erat. Dia berputar ke arah lain, menyikat bek samping, dan dengan dingin slotting bola melewati sebuah yg bergerak maju dgn cepat Shay Given .
Sementara bentuk berikutnya nya tidak cocok dengan tontonan musim itu, Bergkamp terus menjadi reguler di tim Arsenal. Ia memenangkan dua kali lagi di tahun 2002, Piala FA pada 2003 dan Liga Primer untuk ketiga kalinya pada tahun 2004. Keberhasilan dalam negeri klub itu tidak cocok dalam kompetisi Eropa, yang paling dekat dengan medali pemenang 'datang ketika mereka kehilangan 2000 final Piala UEFA untuk Galatasaray pada hukuman dan Champions 2006 kerugian final Liga Barcelona; Bergkamp perjalanan darat ke Paris untuk perpisahan kompetitif, hanya untuk pengganti yang tidak terpakai.
Pada tahun 2005, karena keengganan Arsenal dalam menawarkan dia kontrak baru, ada spekulasi bahwa Bergkamp akan meninggalkan klub, dan mungkin sepakbola sama sekali. Bergkamp telah mengatakan bahwa ia akan pensiun dari sepakbola jika tidak ditawari kontrak baru dengan Arsenal untuk 2005-06 kampanye, meskipun bunga dari mantan klubnya Ajax. Menyusul kemenangan adu penalti Arsenal atas Manchester United di Final Piala FA di Cardiff meskipun, itu mengungkapkan bahwa dia akan menandatangani perpanjangan satu tahun kontrak, yang kustom oleh manajer Arsene Wenger untuk pemain lebih dari 30 tahun, membuatnya tetap di klub London untuk musim terakhir mereka di Stadion Arsenal di Highbury.
Para Stadion Emirates mengisi pada hari testimonial Bergkamp itu.
Pada tanggal 16 April 2006, pertandingan kandang melawan West Bromwich Albion , para pendukung Arsenal berdedikasi "Hari Pendukung yang" asli tema cocok (salah satu dari Arsenal hari tema yang ditunjuk siap untuk merayakan tahun terakhir mereka di Highbury sebelum pindah ke Emirates Stadium) untuk " Dennis Bergkamp Hari ", untuk memperingati waktu Bergkamp di Arsenal. Bergkamp masuk sebagai pemain pengganti babak kedua, menyiapkan memenangkan Robert Pires gol, setelah Nigel Quashie menyamakan kedudukan setelah ia datang. Dia mencetak penjepit diri di menit ke-89, saat Arsenal menang 3-1 berlari keluar. Tujuan itu terbukti menjadi gol terakhir Bergkamp mencetak gol di Arsenal dan warna dalam sepak bola kompetitif. [5]
Pada 14 Juli 2008 dia ditempatkan 2 di Gunners Greatest 50 Pemain , hanya di balik pemogokan mantan pasangan Thierry Henry , dalam sebuah polling online di Arsenal.com . [6]

  karir Internasional

Bergkamp pemanasan sebelum Euro 1996 UEFA pertandingan melawan Skotlandia di Villa Park , Birmingham .
Bergkamp membuat debut internasional untuk Belanda melawan Italia pada tanggal 26 September 1990. Turnamen pertama utamanya adalah Euro 92 , di mana Belanda juara bertahan. Bergkamp terkesan, tapi Belanda kehilangan adu penalti di semi-final untuk tim yang akan pergi untuk memenangkan turnamen, Denmark, meskipun Bergkamp mencetak gol baik dalam waktu yang teratur dan hukuman tembak-menembak.
Bergkamp juga terkesan di Piala Dunia 1994 , bermain dalam semua pertandingan timnya, mencetak gol saat melawan Brasil , pertandingan Belanda akhirnya kalah 3-2. Belanda kecewa Euro 96 , dengan skuad terbelah dengan dalam-pertempuran, meskipun masih Bergkamp mencetak satu gol, dan mendirikan Patrick Kluivert tujuan 's yg menghibur melawan Inggris yang mendapat sisi ke perempat final.
Bergkamp mencetak tiga kali di Piala Dunia FIFA 1998 , termasuk gol kemenangan mengesankan di menit terakhir perempat final melawan Argentina . Bergkamp mengambil sentuhan pertama melompat untuk segera mengendalikan lulus 60-yard panjang udara dari Frank de Boer , membawa bola ke bawah melalui bek asal Argentina Roberto Ayala kaki 's, dan akhirnya selesai dengan menembakkan tendangan voli dengan bagian luar kaki kanannya melewati penjaga pada sudut ketat dari kanan. Dengan tiga cerdas kanan menyentuh kaki dalam hitungan detik, ia mampu mengubah permainan dan mengirim tim nasional ke dalam babak semifinal. [7]
Belanda bersama-host Euro 2000 dan salah satu favorit. Setelah maju melalui kelompok "kematian", mereka kalah adu penalti untuk Italia di semi-final. Bergkamp tidak mencetak sama sekali selama turnamen tapi masih memainkan peranan penting. Setelah kekalahan, Bergkamp mengumumkan pensiun dari sepakbola internasional, karena turnamen besar berikutnya, Piala Dunia 2002 , akan diputar di Jepang dan Korea Selatan dan Bergkamp yang aviophobia (lihat di bawah) akan mencegah dia dari bepergian sana. Dia tidak memainkan pertandingan kualifikasi, karena ia berpikir bahwa itu akan adil untuk melakukannya. Namun, Belanda gagal lolos ke turnamen dalam hal apapun.
Ia mengakhiri karir internasional pertama pada daftar sepanjang masa pencetak gol gol untuk tim nasional Belanda, dengan 37 gol dalam 79 pertandingan, meskipun catatan ini kemudian dikalahkan oleh Patrick Kluivert .

  Pasca-sepakbola karir

Bergkamp mendapat kehormatan menjadi fokus dari pertandingan pertama di tanah baru Arsenal, di Emirates Stadium . Pada tanggal 22 Juli 2006, testimonial dimainkan untuk menghormatinya di stadion baru, dengan Arsenal bermain klub lamanya Ajax . Bergkamp menggebrak pertandingan dengan ayahnya, Wim, dan putranya, Mitchel. Semua empat anak bertindak sebagai maskot pertandingan itu. Babak pertama dimainkan oleh anggota dari Arsenal dan pasukan saat Ajax, sedangkan yang kedua adalah dimainkan oleh terkenal mantan pemain dari kedua belah pihak, misalnya Ian Wright , Patrick Vieira , Marc Overmars , Emmanuel Petit dan David Seaman untuk Arsenal, dan Marco van Basten , Danny Blind , Johan Cruijff , Frank dan Ronald de Boer untuk Ajax. Arsenal memenangkan pertandingan 2-1 dengan gol dari Thierry Henry dan Nwankwo Kanu , Klaas-Jan Huntelaar sebelumnya membuka skor untuk Ajax, membuat dia pencetak gol pertama di Emirates Stadium. [8]
Setelah pensiun dari bermain Bergkamp bersikeras dia tidak akan pindah ke pembinaan. Ia menolak tawaran untuk pramuka bagi Arsenal dan bukannya berkonsentrasi pada bepergian dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Namun, pada Mei 2008 ia mulai ijazah jalur cepat pembinaan bagi mantan pemain internasional Belanda. Karena Aviophobia, ia akan belajar di bawah Arsene Wenger di London. [9]
Ini telah dikonfirmasi oleh Marco van Basten yang Bergkamp telah melakukan peran magang di Ajax yang akan membantu dia membangun dirinya dalam kapasitas pembinaan masa depan. [10]
Dia telah menegaskan bahwa ia tidak akan menolak kesempatan untuk peran pelatih di Arsenal, menyatakan "saya tidak akan mengesampingkan Arsenal pembinaan," itu akan menjadi tujuan karir pelatih saya, saya benar-benar mencintai klub ini dan negara dan saya suka bekerja di sini ".

Lain-lain pada Bergkamp

Dalam Brilliant Orange ( ISBN 0-7475-5310-6 ), David Pemenang 's analisis cara di mana sepakbola Belanda dan campuran budaya Belanda, pematung Jeroen Henneman menganalisis pengaruh melewati Bergkamp dan bagaimana ia dapat membagi sebuah pertahanan:
"Itu sebuah mukjizat Suatu saat lapangan ramai dan sempit.. Tiba-tiba sangat besar dan luas."
Kendali dekat Bergkamp dan keterampilan dalam melewati bola telah menempatkan dirinya dalam hal yang sangat tinggi oleh fans Arsenal, yang telah memberinya julukan seperti "Menace Dennis", "Master Belanda", dan "Bergy".
Arsene Wenger juga mengatakan tentang dirinya setelah menang 3-1 Arsenal atas West Bromwich Albion (16 April 2006) bahwa Bergkamp telah:
"Intelijen dan kelas. Kelas ini tentu saja, sebagian besar waktu terkait dengan apa yang dapat Anda lakukan dengan bola, namun kecerdasan membuat Anda menggunakan teknik ini dalam cara yang efisien Ini seperti seseorang yang memiliki kosakata yang besar tapi. Dia tidak mengatakan kata-kata cerdas, dan seseorang yang memiliki kosakata yang besar tetapi dia dapat berbicara dengan cerdas, dan itulah yang Dennis adalah semua tentang Apa yang dia lakukan, selalu ada kepala dan selalu otak.. Dan teknik yang memungkinkan dia untuk melakukan apa yang ia lihat, dan apa yang ia memutuskan untuk melakukan. " [11]
Mantan mitra pemogokan Bergkamp Thierry Henry memuji Belanda setelah pertandingan terakhirnya untuk klub:
"Dennis adalah pemain terbaik yang pernah saya bermain dengan sebagai mitra Ini adalah mimpi bagi seorang striker untuk memiliki dia di tim dengan Anda.." [12]
Legenda Arsenal Ian Wright mengatakan tentang Bergkamp:
"Dia mesias yang Kami menyuruhnya untuk mendapatkan kita ke Eropa ketika ia bergabung dan itulah apa yang dia lakukan.." [12]
Pada bulan April 2006, Simon Kuper menulis dalam Financial Times :
"Suatu malam beberapa tahun lalu legenda sepak bola Belanda berkumpul untuk makan malam di sebuah rumah Amsterdam Sekitar tengah malam percakapan beralih ke pertanyaan lama:.? Yang adalah pesepakbola terbaik yang pernah Belanda Belanda telah memilih pemain terbaik Eropa Tahun tujuh kali, lebih dari apapun . kebangsaan lain kecuali Jerman Namun Jan Mulder , pusat-maju penulis besar berbalik, memilih pemain yang tidak pernah bahkan mengancam untuk memenangkan penghargaan maupun, pada saat itu, Liga Champions: '. Bergkamp Dia memiliki teknik terbaik', kata Mulder. Guus Hiddink , manajer Belanda yang besar, mengangguk, dan masalah itu diselesaikan ". [13]

  Kehidupan pribadi

Bergkamp menikah dengan Henrita Ruizendaal, dengan siapa ia memiliki tiga anak perempuan Estelle Debora, Yasmin Naomi dan Saffron Rita, dan seorang putra Dennis Mitchel. [ kutipan diperlukan ]
Dia memiliki seorang keponakan, [ rujukan? ] Roland Bergkamp , yang kini bermain untuk Brighton & Hove Albion FC .
Bergkamp juga bersahabat dengan Marc Overmars , dengan siapa ia bermain di Arsenal . Overmars kadang-kadang dikritik selama tahun di Arsenal "keengganan terlihat untuk berbagi bola dengan orang lain selain rekan senegaranya Dennis Bergkamp." [14]

aerophobia

Bergkamp memiliki julukan Non-Flying Dutchman [15] karena dia takut terbang . Ini berasal dari sebuah insiden dengan pihak nasional Belanda di mana penerbangan dibatalkan sebelum lepas landas setelah seorang wartawan mengklaim (bercanda) untuk memiliki bom dengan mereka [. rujukan? ] Setelah ini Bergkamp memutuskan insiden dia tidak pernah terbang lagi menunjukkan bahwa kecemasan atas penerbangan secara signifikan akan mempengaruhi penampilannya. Ini sangat terbatas kemampuannya untuk bermain di pertandingan tandang dalam kompetisi Eropa dan untuk bepergian dengan tim nasional Belanda. Dalam beberapa kasus dia perjalanan darat dengan mobil atau kereta api, namun logistik ini sering mengakibatkan dia hilang game sebelum atau sesudah mengikat sehingga ia sering suka hanya melewatkan pertandingan sama sekali [. rujukan? ]

karir Pelatihan

Pada tahun 2008 Pelatih Bergkamp menyelesaikan kursus Betaald Voetbal oleh KNVB , persyaratan lisensi wajib untuk posisi pelatih profesional di Belanda. Ia menyelesaikan magang di bawah sayap Marco van Basten di AFC Ajax . Pada tanggal 26 Oktober 2008, Bergkamp diangkat asisten Johan Neeskens untuk yang baru dibentuk tim B Belanda .
Untuk musim 2008/2009, Bergkamp kembali ke Ajax di posisi pembinaan formal dengan tanggung jawab untuk tim (U12) pemuda D2. Setelah Frank De Boer 'promosi s untuk pelatih kepala AFC Ajax pada bulan Desember 2010, Bergkamp diangkat asisten pelatih untuk Fred Grim , dengan tanggung jawab untuk Ajax 'andalannya A1 (U19) tim muda. Dalam pra-musim 2011/2012, Bergkamp diangkat asisten pelatih dan striker-pelatih untuk skuad pertama Frank de Boer.

  Prestasi

  Klub

Ajax
Internazionale
Gudang senjata

Individu

  Klub statistik

Klub kinerja Liga Piala Piala Liga Kontinental Total
Musim Klub Liga Apps Tujuan Apps Tujuan Apps Tujuan Apps Tujuan Apps Tujuan
Belanda Liga Piala KNVB Piala Liga Eropa Total
1986/87 Ajax Eredivisie 14 2 5 0 - 4 0 23 2
1987/88 25 5 1 0 - 6 1 32 6
1988/89 30 13 3 3 - 1 0 34 16
1989/90 25 8 2 1 - 1 0 28 9
1990/91 33 25 3 1 - - 42 29
1991/92 30 24 3 0 - 11 6 44 30
1992/93 28 26 4 4 - 8 3 40 33
Italia Liga Coppa Italia Piala Liga Eropa Total
1993/94 Internazionale Milano Serie A 31 8 13 9 - 11 8 55 25
1994/95 21 3 3 1 - 2 1 26 5
Inggris Liga Piala FA Piala Liga Eropa Total
1995/96 Gudang senjata Liga Inggris 33 11



- 33 11
1996/97 29 12



1 0 30 12
1997/98 28 16



1 1 29 17
1998/99 29 12



3 1 32 13
1999-1900 28 6



11 4 39 10
2000/01 25 3



5 1 30 4
2001/02 33 9 4 3 1 0 6 2 44 14
2002/03 29 4 2 2 0 0 7 1 38 7
2003/04 24 4 3 1 0 0 6 0 37 5
2004/05 30 8 4 0 0 0 4 0 38 8
2005/06 24 2 1 0 1 0 4 1 30 3
Negara Belanda 185 103 21 9 - 31 10 237 122
Italia 52 11 16 10 - 13 9 81 30
Inggris 316 87 14 6 2 0 48 11 380 104
Total 553 201 51 25 2 0 92 30 698 256

Tim Nasional statistik

[16] [17]
Tim nasional Belanda
Tahun Apps Tujuan
1990 4 3
1991 5 2
1992 11 7
1993 6 4
1994 11 6
1995 5 1
1996 10 6
1997 5 4
1998 9 3
1999 5 1
2000 8 0
Total 79 37
 
 
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Dennis_Bergkamp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar